Pages

Rabu, 04 Februari 2015

Berita Sunda

After Work: “Urang mah mbung serius teuing”

Fakultas Dakwah jeung Komunikasi, khususna warga Jurusan Hubungan Masyarakat (Humas) geus sakuduna bangga, ayeuna ngabogaan band anyar nu ngaranna After Work. Band ieu can lila kabentukna, tepatna kaping 20 September 2014. Lantaran tiap-tiap personilna ngabogaan selera musik nu sarua (Robbie vokalis, Wildan kajon atawa drum, Ijal gitar kadang saxophone, Febrian gitar, Algani bass) nyaeta musik-musik jaman baheula anu aliranna rock-blues jeung deui maranehna kagabung ti jurusan anu sarua, Humas.

Ceuk Robbie, vokalis After Work, nu diwawancara ti telepon (17/12) ieu band teh, band kahiji di Humas. Manehna ge ngajentrekeun naha bet dibere ngaran After Work ieu band teh. After Work the tina basa Inggris anu hartina beres gawe. Tapi, lantaran kabeh personilna teh kuliah keneh, jadi jang maranehna mah kuliah teh gawe, maranehna latihanna unggal balik kuliah, tara saacan kuliah da meh jongjon. “Tah mun disambung-sambungkeun oge pan mun beres gawe teh pikiran lepas, santai, tah urang ge hayangna mah kitu, bermusik the santai, lepas kitu eweuh beban” ceuk Robbie.  

Lantaran ieu band anyar keneh, manggung-manggungna ge masih di wilayah bandung. Ti café ka café atanapi ti kampus ka kampus. Tapi pernah oge, sanajan ngan sakali kaluar kota manggungna, ka Karawang. Masalah tarif, Robbie ngedarkeun yen maranehna mah masih keneh hayang ngenalkeun band maranehna heula, “ Masalah tarif mah urang masih keneh hayang ‘berjihad’ nya, hayang ngeksiskeun ngaran urang heula weh, tapi biasanamah urang narima ti panitia limaratus rebu” jelasna bari seuri.


Selama ieu, maranehna mun manggung masih keneh mawakeun lagu batur, tapi ayeuna maranehna keur proses nyieun lagu sorangan. Ngaranna oge band, pasti wae aya niatan nyieun album jeung asup dapur rekaman, kitu oge jeung After Work, maranehna ge aya niatan rekaman jeung rilis album, tapi maranehna ngarasa materina can cukup jeung duit oge can kakumpul.

Harepan kahareup na After Work, nya pasti jiga band-band nu sejen nu bisa kasohor, asup tipi, disorot ku media-media, tapi salian ti eta, Robbie ngaharepkeun yen After Work tetep kompak, jarang aya masalah. “Da urang mah mbung serius teuing, urang mah hayangna semi serius we meh aya rasa senang-senangna ge aya, meh eweuh beban. Pokonamah intina urang mah hayangna senang-senang we meh jongjon” pungkasna bari seuri. (Ari Wahyuni/Jurnalistik 5A)

Analisis Program Televisi “Bukan Sekedar Wayang” Oleh: Ari Wahyuni (1124050018)/Jurnalistik A


Nama Program                      : Bukan Sekedar Wayang
Format                                   : Komedi
Durasi                                     : 30 menit
Jam tayang                             : Setiap hari pukul 17.30 WIB
Rumah Produksi                   : Net. Entertainment
Format Gambar                     : 16:9 (HDTV)
Segmentasi Penonton           : R/BO (Remaja/Bimbingan Orangtua)

Kelebihan:Bukan Sekedar Wayang adalah sebuah program yang disuguhkan oleh Net TV yang menampilkan kesenian tradisional yakni wayang golek. Namun uniknya disini, tokoh-tokoh yang ada adalah tokoh-tokoh yang popular dan modern, seperti misalnya: Tokoh Kartun Shinchan, Hulk, Superman, tokoh agama Abdullah Gymnastiar (AA Gym), penyanyi legendaris Michael Jackson, Sule, Cepot dan beberapa tokoh wayang lainnya. Disini para tokoh wayang tersebut memerankan sebuah dialog tentang sebuah tema yang telah ditentukan, namun topik yang dibahas diantaranya adalah permasalahan yang sedang hangat diperbincangkan di masyarakat. Disini, meskipun jenis wayang yang dipilih adalah wayang golek (kesenian khas Jawa Barat) namun siapapun bisa mencernanya karena menggunakan bahasa Indonesia. Selain itu ada pula wayang sinden yang menyanyikan lagu-lagu kekinian dengan gaya sinden. Menarik memang, karena selain mengangkat kebudayaan asli Indonesia, acara ini juga memberikan hiburan bagi masyarakat.
Kekurangan: Namun terkadang, ada pula adegan-adegan kekerasan yang seharusnya tidak layak diperlihatkan kepada pemirsa dan ada beberapa tema yang tidak mengandung poin informatif  bagi pemirsa. Sehingga seolah-olah dalam tayangan ini yang dipentingkan hanyalah soal hiburannya semata. Karena sayang sekali jika acara yang beratmosferkan kebudayaan seperti ini tidak mengandung nilai-nilai kebudayaan yang mencerminkan ciri khas ke-Indonesiaan.
Saran: Sebaiknya acara ini membahas persoalan yang sedang hangat di masyarakat dengan konsep sesuai dengan apa yang dialami masyarakat sesungguhnya. Sehingga seperti simulasi, dan terlihat natural namun tidak terkesan menggurui. Lalu disisipkan pesan-pesan moral dan solusi atas permasalahan tersebut sehingga lebih menarik.

Berita Sunda: Nihon Club, Atmosfer Jepang di kampus Islam


Lolobana jelema nganggep yen Universitas Islam teh eusina ngan saukur kajian Islam jeung nutup diri ti dunia salian ti Islam. Tapi, anggepan samodel kitu ditampik ku Komunitas UIN Nihon Club, salah sahiji komunitas nu resep kana kabudayaan Jepang nu aya di UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

UIN Nihon Club ieu, kabentuk tina gagasan alumnus Sains Fisika UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Yuni Karlina. Mimiti tina karesepna ka sagala rupa tentang Jepang, manehna akhirna mutuskeun ngajieun grup Facebook ngarana UIN Nihon Club. Sanggeus anggotana kakumpul, manehna ngadakeun pertemuan pertama sakaligus netepkeun kapan ngadegna UIN Nihon Club, nyaeta sakitar Juni 2013.

Sanajan komunitas ieu kagolong anyar, tapi numutkeun Agit, salah sahiji pendiri UIN Nihon Club, maranehna boga niat luhur nu rek ditunjukkeun ka Almamaterna. “Jelema kan lolobana mikir yen Universitas Islam teh kolot, teu update. Nah, ku komunitas ieu, arurang rek ngabuktikeun yen barudak UIN ge terbuka ka hal-hal nu sejen, salian ti kajian Islam” paparna basa dipanggihan di sela-sela kagiatan UIN Nihon Club, Kamis (09/10).

Salian diajar rupa-rupa kaunikan budaya Jepang, didieu para Otaku (jelema nu bener-bener haying nekunan hobi subkultur Jepang, sarupaning manga jeung anime-red) oge bisa diajar bahasa Jepang tina cara nyerat hurup nepi ka cara bacana.

Nu leuwih resep deui, didieu maranehna oge bisa patukeur anime, nonton drama Jepang jeung belajar Cosplay (Costume Playing) tina cara dandanna nepi ka ngajieun kostumna.

Nepi ka ayeuna, salian ngadakeun kumpulan rutin dua kali saminggu unggal Salasa jeung Kemis, maranehna oge osok miluan kagiatan Japan Fest diluar kampus. Salah sahiji kagiatan anu mineng maranehna ngiluan nyaeta Cosplay Street, dimana maranehna karnaval sapanjang jalan make kostum khas anime Jepang.

Teu saukur miluan kagiatan diluar kampus, maranehna oge mineng update informasi tentang beasiswa ka Jepang. Malahan, basa Juni kamari, Taufik Albari, salah saurang anggota UIN Nihon Club berhasil menangkeun beasiswa ti program Jenesys (Japan East Asia Network of Exchange for Youth and Students). Mahasiswa Jurusan Elektro Sains ieu ngaku menangkeun informasi beasiswa eta ti anggota UIN Nihon Club. “Manfaatna nu ku abdi dirasakaeun ti komunitas ieu, salian ti kekeluargaan oge loba info soal Jepang. Salah sahijina nya beasiswa ieu,” paparna basa diwawancara Rebo, (15/10).

Ku ayana komunitas ieu, Agit ngajak ka nu resep Kabudayaan Jepang nu aya di UIN Sunan Gunung Djati Bandung pikeun gabung jeung UIN NIHON Club. “Yen maraneh teh Otaku, nu boga cita-cita ka Jepang jeung hayang aya suasana nu beda tina keunikan para Otaku, hayu gabung jeung arurang,” pungkasna. (Ari Wahyuni/ Jurnalistik 5A)

Menganalisis dan Mengkritisi Bagaimana Idealnya mengelola Media ditengah era pasar


Di era seperti sekarang ini, media bukan hanya menjadi alat komunikasi yang efektif, tapi juga telah menjadi industri yang menopang kehidupan berpolitik. Ujung-ujungnya hal ini juga berpengaruh pada sektor ekonomi, dimana ketika kapitalisme memenangkan persaingan, hegemoni atas media menjadi konsekuensi yang tak terelakkan.

Konsekuensi sebuah perusahaan media besar dapat memiliki atau menyebarkan media massa di banyak tempat adalah ideologi yang seragam diberlakukan bagi audiens. Tidak ada pendekatan spesifik bagi audiens di setiap daerah. Pendekatan ekonomi politik, melihat media massa dari siapa penguasa sumber-sumber produksi media massa, siapa pemegang rantai distribusi media massa, siapa yang menciptakan pola konsumsi masyarakat atas media massa dan komoditas lain sebagai efek kerja media.

Siapa penguasa sumber-sumber produksi media massa dapat dilihat antara lain dari kepemilikian media massa, kepemilikan rumah produksi penghasil acara-acara televisi. Kepemilikan media massa di Indonesia dapat juga dilihat seperti: Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI), Global TV, dan MNC TV (yang kemudian tergabung dalam MNC Group) yang dipimpin kepemilikannya oleh Harry Tanoesoedibjo. Metro TV, Media Indonesia, dimiliki oleh Surya Paloh. Majalah Cosmopolitan, Cosmo Girl, Hard Rock FM dimiliki oleh kelompok usaha yang dikendalikan pengusaha Adiguna Sutowo. ANTV, TV One dan Viva News dimiliki oleh Aburizal Bakrie. Trans TV, Trans 7, Detik.com (tergabung dalam CT Group) yang dimiliki oleh Chairul Tanjung.

Kenyataannya bahwa penguasa sumber media adalah pengusaha. Ideologi dari aktivitas pengusaha adalah menjual sesuatu untuk mendapatkan profit. Tanpa keuntungan perusahaan akan ditutup. Media massa adalah bisnis, pemilik media adalah pengusaha media. Pola konsumsi media massa juga dibentuk oleh kerjasama pengusaha media dan pengusaha lain.

Seperti beberapa ajang pencarian bakat yang kini menjamur di Indonesia serta bermacam-macam kuis interaktif televisi yang merupakan hasil kerjasama antara pengusaha media televisi dan pengusahajaringan seluler. Karena tujuan usaha adalah mendatangkan profit, maka isi siaran media massa digunakan untuk menciptakan pasar bagi perusahaan jaringan selular melalui penggunaan Short Message Service (SMS).

Hal tersebut merupakan salah satu gambaran bahwa fenomena Konglomerasi media sedang melanda Indonesia. Jika kita menilik lagi beberapa kepemilikan media diatas, pastinya kita sebagai orang awam akan berfikir dan menimbulkan sebuah pertanyaan: “Bagaimana mungkin media akan bersikap netral terhadap semua pihak jika pemiliknya adalah obyek yang harus dikontrol?”

Kebebasan pers di era transisi demokrasi hanya membuka katup botol yang membuat industrialisasi semakin berkembang pesat. Perselingkuhan logika ekonomi dan politik dalam industri media berujung pada konsentrasi kepemilikan. Mengutip Vincent Mosco dalam The Political Economy of Communication (2009) yang menggunakan istilah spasialisasi untuk menjelaskan gerak konglomerasi media, membedakannya dalam 2 bentuk yakni horizontal dan vertikal.

Spasialisasi horizontal muncul ketika pengusaha membeli atau menggabungkan berbagai jenis media dalam satu kontrol kepemilikan. Ciri tipikal integrasi ini adalah pembelian yang dilakukan pemilik media konvensional seperti suratkabar terhadap televisi maupun media online. Di Indonesia banyak contoh praktik spasialisasi horizontal. Misalnya Kompas Gramedia Group (KKG) yang sebelumnya fokus di media cetak melebarkan sayap mendirikan Kompas TV bekerjasama dengan stasiun televisi daerah.

Sementara spasialisasi vertikal berjalan ketika pengusaha media membeli atau menggabungkan perusahaan dari berbagai jenis industri untuk mendapatkan kontrol atas proses produksi. Hal ini tentu merupakan cara ampuh mengeruk keuntungan berlipat sekaligus mengurangi ketidakpastian dalam pasar yang mengganggu mekanisme produksi. Misalnya pengusaha media yang sekaligus memiliki perusahaan percetakaan maupun kertas. Spasialisasi vertikal di Indonesia terlihat misalnya dari kepemilikan Bakrie & Brothers Group yang tidak hanya sebatas bisnis di bidang media (TV One, ANTV, Vivanews) tetapi juga merentang di bidang telekomunikasi, agribisnis, sampai minyak dan gas.

Konglomerasi kepemilikan media seperti disebutkan di atas membawa potensi bahaya yang tidak bisa diremehkan. Pertama, arus informasi ke publik menjadi monolitik. Terpusatnya kepemilikan media tidak memenuhi kaidah keragaman kepemilikan (diversity of ownership) yang berakibat pada sedikitnya keberagaman isi (diversity of content). Kedua, terabaikannya agenda publik. Apa yang ditampilkan dalam media disesuaikan dengan alur kepentingannya pemilik modal. Ketiga, terjadi migrasi peran warga negara yang direduksi semata-mata menjadi konsumen. Sebagai konsumen, masyarakat tidak memiliki hak berpartisipasi dalam menentukan informasi yang diberitakan di media. Keempat, merosotnya mutu jurnalisme yang dipraktikan media. Mengutip pernyataan Bill Kovach dan Tom Rosensteil yang mengatakan bahwa di Amerika Serikat, perusahaan media mengurangi anggaran untuk melakukan liputan serius seperti liputan investigasi. Kekuatan pasar mendominasi logika produksi karena alokasi dana liputan dialihkan untuk strategi pemasaran. Kelima, konglomerasi membuat pemilik media menjadi tiran dalam dirinya sendiri. Mereka menutup akses serikat pekerja yang memperjuangkan hak berorganisasi dan kesejahteran pekerja media. Mayoritas perusahaan media di Indonesia tidak memiliki serikat pekerja. Dari sekitar 3.000 lebih perusahaan media di Indonesia, tidak lebih dari 35 media yang memiliki serikat pekerja.

Bukti yang tak bisa dipungkiri adalah keberpihakan media kepada modal dibandingkan memihak rakyat kebanyakan sebagaimana nilai-nilai demokrasi universal diusung dari oleh dan untuk rakyat. Padahal media selain sebagai pembentuk opini publik media juga memiliki fungsi strategis yang lain yaitu sebagai kontrol sosial. Sebagaimana fungsi kontrol sosial yang diembannya, selayaknya media mengawasi kinerja pemerintah dan kapital. Kritik-kritik media terhadap pemerintah diperlukan, agar pemerintah tak melakukan penyimpangan seperti korupsi, kolusi dan nepotisme yang merampas hak-hak publik dan menyebabkan meluasnya kemiskinan struktural yang diproduksi oleh negara.

Di titik ini, sebagai seorang yang nantinya akan terjun langsung ke dunia Jurnalistik tentunya kita mengharapkan perubahan yang terjadi dalam Media di Indonesia. Melalui buku 9 elemen Jurnalisme karangan Bill Kovach, saya rasa seorang Jurnalis perlu bahkan wajib untuk mematuhi hal-hal yang menyangkut dengan kode etik Jurnalistik, sehingga suatu tulisan yang lahir dari tangan kita adalah sebuah produk berkualitas yang teruji keobjektivitas dan keakuratannya. 9 Elemen tersebut adalah sebagai berikut:

1.      Kewajiban Jurnalis adalah berpihak pada kebenaran

2.      Loyalitas pada warga (publik)

3.      Esensi Jurnalis adalah disiplin verifikasi

4.      Para praktisi (jurnalis/wartawan) harus menjaga independensi dari objek liputannya.

5.      Jurnalis harus membuat dirinya sebagai pemantau independen kekuasaan

6.      Jurnalis harus memberi ruang bagi public untuk saling mengkritik dan menemukan  kompromi

7.      Jurnalis harus berusaha membuat hal penting menjadi menarik dan relevan

8.      Jurnalis harus membuat berita yang komprehensif dan proporsional

9.      Jurnalis harus diperbolehkan mendengarkan hati nurani personalnya
Nah, 9 elemen diatas adalah bekal yang harus dimiliki oleh para Jurnalis untuk modal SDM yang berkualitas. Setelah itu, barulah kita menyusun suatu konsep dalam mengelola sebuah media independen namun tetap tidak kalah dalam daya saingnya di tengah era pasar sekarang ini. Salah satu media alternatif yang saya kira patut untuk dipertimbangkan untuk mengatasi solusi konglomerasi media di Indonesia ini adalah sebuah Media Kooperasi. 
Gagasan media kooperasi ini meskipun bukan merupakan hal baru, namun masih samar-samar terdengar di Indonesia. Secara sederhana, media kooperasi merupakan media yang dicirikan oleh kepemilikan bersama seperti koperasi. Seorang wartawan media kooperasi, Dave Boyle menjelaskan bahwa media kooperasi bisa memperoleh sistem kerja yang layak dan etika pemberitaan tanpa harus tunduk pada pemilik tak bermoral atau manajemen.
Dalam media kooperasi, audiens tidak hanya menjadi objek yang pasif dan sekadar menerima berita. Lebih dari itu, audiens dilibatkan sebagai subjek yang aktif untuk membiayai bahkan menulis berita-berita di media tersebut. Gagasan semacam ini muncul di beberapa negara dengan konsentrasi kepemilikan media yang jauh lebih dulu terjadi bila dibandingkan dengan di Indonesia.
Selain itu dalam media kooperasi, kepemimpinan serta kebijakan redaksional dirumuskan bersama. Sehingga keuntungan yang diperoleh pun digunakan untuk kesejahteraan anggota (prinsip koperasi). Dengan begitu, dipastikan tidak akan timbul akumulasi keuntungan dengan mengeksploitasi masyarakat karena masyarakat lah yang menjadi pemilik, pengelola, penulis sekaligus pembaca media itu sendiri.